Cara Terbaik untuk Merawat Produk Fashion Berbahan Kulit

Terlepas dari kontroversinya, kulit merupakan salah satu bahan yang digemari di industri fashion, baik dalam negeri maupun secara internasional. Tidak hanya memberikan kenyamanan dan kehangatan saat cuaca dingin, bahan kulit banyak digemari karena sifatnya yang fleksibel, tahan lama dan terlihat mewah. Di dunia mode, bahan kulit ini sering digunakan untuk pembuatan sepatu, tas, hingga pakaian seperti jaket. Harganya pun bervariasi dan tergantung pada kualitas dan jenis kulit. Namun, bahan kulit yang sering dijumpai di pasaran dan banyak digemari adalah bahan dari kulit sapi.

Bagi penggemar produk-produk fashion berbahan kulit, hal paling susah adalah proses perawatannya. Sama halnya dengan kulit manusia, produk berbahan kulit juga membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kualitas dan ketahanannya. Regiana Widjaja, Direktur Pressto Laundry Indonesia, “Banyak pelanggan kami datang ke outlet Pressto dengan sepatu, tas, dan jaket kulit kesayangannya. Mereka mengeluhkan hal yang sama, yaitu proses perawatan yang gampang-gampang susah, terutama proses pembersihannya.”

Sebagai penyedia layanan perawatan produk fashion berbahan kulit, Pressto Laundry Indonesia ingin berbagi tips menarik untuk Anda.

  1. Bersihkan langsung ketika terkena noda

Apabila sepatu, tas, atau pakaian kulit Anda terkena noda, langsung saja bersihkan dengan spons basah atau dengan busa sabun. Jangan menunda-nunda pekerjaan ini karena noda akan menjadi permanen apabila sudah terlalu lama melekat pada kulit. “Umumnya noda di bahan kulit tidak bisa dibersihkan langsung dengan air atau terkena kontak langsung terlalu lama dengan air. Ada banyak resiko apabila dilakukan pembersihan dengan air, mulai dari luntur hingga pengelupasan. Di Pressto kami memroses bahan kulit dengan menggunakan busa dan mesin hidrokarbon untuk proses pembersihan tanpa air,” ujar Regiana Widjaja.

  1. Hindari penyikatan atau pengucekan

Kulit sangat rentan dengan gesekan atau benda kasar. Ketika membersihkannya, sepatu, tas atau pakaian kulit tidak perlu disikat atau dikucek karena dapat berakibat pada pengelupasan.

  1. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari

Seperti halnya kulit, panas dari sinar matahari dapat membuat kulit kering dan berujung pada pengelupasan. Untuk mengeringkan produk berbahan kulit, cukup letakkan saja di atas handuk kering dan diangin-anginkan.

  1. Simpan ditempat yang kering dan sejuk

Pastikan sepatu, tas dan pakaian kulit Anda sudah kering sepenuhnya sebelum disimpan. Jauhkan produk berbahan kulit ini dari tempat yang lembab karena akan merangsang pertumbuhan jamur. Regiana Widjaja menambahkan, “Keluhan yang sering kami terima dari pelanggan kami adalah noda jamur yang ada di tas dan jaket mereka. Apabila jamur sudah berkembang, tidak ada acara untuk membersihkan secara menyeluruh. Satu-satunya jalan untuk menutupi dan menyamarkan noda jamur pada koleksi kulit Anda adalah dengan re-coloring atau pewarnaan kembali.”

Untuk menjaga koleksi produk fashion berbahan kulit kesayangan Anda, perawatan dengan metode yang benar sangat diperlukan. “Pressto Laundry Indonesia menawarkan layanan yang aman, bersih dan berkualitas. Jangan sampai koleksi kesayangan Anda rusak karena penanganan yang tidak tepat karena koleksi ini adalah bagian dari investasi Anda,” ujar Regiana Widjaja.

Tutup Menu
×
×

Cart