Perhatikan Label Perawatan yang Melekat Pada Baju Sebelum Mencucinya

Selain desainnya, salah satu penanda dan pembeda dari produsen atau perancang pakaian terdapat pada label yang selalu melekat di balik pakaian yang dipajang dengan rapi di toko atau outlet pakaian. Beberapa orang mungkin hanya memperhatikan logo atau merek ketika membeli pakaian. Namun di dalam label juga berisi jenis bahan pakaian dan bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa label perawatan sengaja disematkan untuk memberi tahu pembeli tentang metode membersihkan pakaian sesuai dengan jenis bahan serta ornamen tambahan yang melekat. “Setiap pakaian memiliki penanganan unik sehingga penggunaan metode pembersihan yang salah berakibat fatal pada kualitas dan ketahanan dari pakaian,” tutur Regiana Widjaja, Direktur Pressto Laundry Indonesia.

Sebagai penyedia layanan laundry dan dry cleaning premium di Jakarta, Pressto Indonesia ingin berbagi informasi tentang pembersihan pakaian sesuai label perawatannya.

  1. Tidak semua pencucian pakaian membutuhkan media air

Pada label perawatan, Anda dapat melihat media pembersihan pakaian dengan menggunakan air atau tanpa air. “Tidak semua bahan dapat dicuci dengan media air, contohnya bahan suede, sutera, dan wol. Ketika air bukan menjadi media pencucian yang disarankan, dry-cleaning dengan bahan kimia pengganti air seperti solvent merupakan solusi terbaik,” ujar Regiana Widjaja. Oleh karena itu, jangan sembarangan mencuci pakaian Anda dengan air tanpa memperhatikan label perawatannya untuk menghindari kerusakan atau menurunnya kualitas pakaian kesayangan Anda.

  1. Ikutilah petunjuk pengaturan suhu dan bahan pembersih

Ketika mencuci pakaian Anda, pastikan suhu air sesuai dengan yang tertera pada label perawatan untuk menghindari penyusutan dan luntur. “Pakaian berbahan halus umumnya dicuci dengan air bersuhu normal atau dingin, tapi untuk jenis pakaian berwarna putih atau dengan noda yang membandel, suhu panas sangatlah ideal,” ungkap Regiana Widjaja. Seperti halnya suhu air, bahan pembersih seperti deterjen atau pemutih juga tidak bisa sembarangan digunakan. “Pastikan Anda memeriksa suhu yang disarankan pada label perawatan,” tambahnya.

  1. Mesin cuci banyak jenisnya

Mesin cuci adalah alat paling mudah dan praktis yang membantu persoalan laundry Anda. Namun, tidak semua pakaian dapat dicuci dengan semua jenis mesin cuci. Alih-alih bersih, kesalahan pencucian dengan mesin cuci dapat merusak keindahan pakaian Anda. Regiana Widjaja mengatakan, “Di Pressto, umumnya kami akan melakukan pembersihan pakaian dengan ornamen tambahan, terutama gaun pernikahan, dengan metode program khusus yang ada di mesin cuci kami. Ornamen-ornamen yang melekat pada pakaian beresiko rusak atau hilang ketika dicuci dengan program mesin cuci yang salah karena kecepatan dan suhu di dalam mesin mempengaruhi prosesnya.” Faktanya, di dunia laundry, jenis program mesin cuci pun menentukan jenis pakaian apa yang dapat diproses, dan label pencucian adalah sumber informasi terbaik untuk menentukan hal ini.

  1. Periksalah tata cara pengeringan pakaian

Anda juga dapat mendapatkan informasi tentang cara mengeringkan pakaian pada label perawatan. Ada beberapa pakaian yang tidak boleh diperas atau dikeringkan dengan mesin cuci. Suhu pun akan memberikan dampak tersendiri dalam proses pengeringan. Jika label perawatan menyarankan untuk mengeringkan manual, ikutilah. Contohnya bahan wol pada sweater, pengeringan menggunakan gantungan baju dapat merusak bentuk dari sweater tersebut, jadi lebih baik diletakkan di permukaan yang datar.

  1. Perhatikan suhu yang disarankan saat menyetrika

Proses menyetrika adalah hal paling penting sebelum menyimpan pakaian Anda dan membuat penampilan pakaian lebih rapi. Namun, tidak semua pakaian dapat atau sulit disetrika, contohnya korduroi dan bahan kebaya.. Label perawatan juga akan memberitahu Anda mengenai suhu dan jenis setrika, baik setrika kering atau setrika uap.

Laundry bukan suatu kegiatan yang mudah. Sebagai pembeli yang cerdas, kita harus tahu bagaimana cara merawat pakaian yang kita beli karena setiap pakaian membutuhkan penanganan spesial. “Di Pressto, kami percaya bahwa setiap pakaian memiliki kisahnya sendiri. Kelanjutan kisah pakaian dengan Anda ditentukan dari perawatan yang diberikan,” tutup Regiana Widjaja.

Tutup Menu
×
×

Cart