Tips Pintar Merawat Koleksi Boneka Kesayangan

Karena bentuknya yang imut dan menggemaskan, boneka merupakan salah satu benda yang sangat diminati, terutama oleh anak-anak dan perempuan dewasa. Tidak hanya sebagai mainan atau hiburan, boneka juga digemari sebagai teman saat beristirahat. Ada berbagai jenis boneka dengan bermacam-macam ukuran, bentuk, dan bahan baku pembuatan.

Untuk menghindari kerusakan dan menjaga kebersihan koleksi boneka Anda, pastikan mencucinya minimum seminggu sekali. “Jangan menunggu kotor untuk membersihkan boneka-boneka Anda. Tidak kotor bukan berarti bersih karena kotoran dan kuman tidak kasat mata, terutama jika boneka Anda sering digunakan dan terpapar udara terlalu lama,” ujar Regiana Widjaja, Direktur Pressto Laundry Indonesia. Namun, membersihkan boneka tidak bisa sembarangan karena jenis bahan dan tekstur boneka bermacam-macam. Oleh karena itu, simaklah tips merawat boneka berikut ini.

  1. Selalu lihat label perawatan yang melekat pada boneka

“Label perawatan bukan hanya menandakan merk atau lokasi produksi saja, tetapi juga informasi bahan dan perawatan pun tersedia. Di Pressto Laundry, label perawatan merupakan referensi utama kami ketika melakukan proses perawatan segala jenis garmen, termasuk boneka,” ujar Regiana Widjaja. Pada label perawatan, Anda akan mengetahui apakah boneka aman untuk dicuci dengan mesin cuci.

  1. Pastikan tidak ada bagian yang sobek

Sebelum dicuci, baik  menggunakan tangan atau mesin, periksa seluruh bagian boneka. Pastikan tidak ada robekan atau jahitan keluar yang berpotensi membuat isi boneka keluar atau sobekan melebar. Jika ada, jahitlah terlebih dahulu sebelum mencucinya.

  1. Jangan campurkan dengan pakaian lain

Cucilah boneka secara terpisah dan hindari pencucian bersamaan dengan pakaian atau item lainnya. “Bulu-bulu halus boneka dapat menempel ke pakaian apabila dicuci secara bersamaan di mesin cuci. Potensi kelunturan pun juga mungkin terjadi. Di Pressto kami selalu memastikan bahwa pencucian melewati prosedur yang tepat dan tidak asal mencampur bahan dan jenis item yang berbeda,” tambah Regiana Widjaja.

  1. Jemur di tempat yang teduh

Setelah proses mencuci selesai, keringkan sesuai dengan instruksi label perawatan yang melekat. Namun, saat penjemuran, hindari panas sinar matahari langsung – cukup diangin-anginkan saja.

  1. Rapikan bulu-bulu boneka

Setelah kering, sisirlah bulu-bulu halus pada boneka agar tidak kusut dan menggumpal. Gunakan jenis sisir yang bersela-sela, bukan brush, untuk menghindari kerusakan dan rontok pada bulu-bulu halus boneka.

Meskipun perawatan mingguan dapat dilakukan di rumah, setidaknya bawalah boneka kesayangan ke penyedia layanan laundry dan dry cleaning sebulan sekali untuk memastikan kebersihan menyeluruh dan ketahanan koleksi menggemaskan Anda.

Tutup Menu
×
×

Cart